Menu

Mode Gelap

News · 1 Okt 2023 13:02 WITA ·

Pemda Parimo Peringati Hari Kesaktian Pancasila

badge-check

Redaksi


 Pemda Parimo Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Foto: Prokopim Parimo Perbesar

Pemda Parimo Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Foto: Prokopim Parimo

Adv

Pemerintah Daerah Parigi Moutong merayakan Hari Kesaktian Pancasila dengan suatu upacara yang diadakan di Halaman Kantor Bupati pada1 Oktober 2023. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) yang diemban oleh Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Parimo H. Samsurizal Tombolotutu, jajaran unsur Forkopimda, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, Fungsional, Pelaksana, TNI, Polri, dan PHL Lingkup Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong.

Mengangkat tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”, peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 diharapkan dapat menjadi momen yang mengenang sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai, selaku Inspektur Upacara, menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila memiliki tujuan utama untuk mengenang kembali sejarah bangsa Indonesia.

“Momentum Hari Kesaktian Pancasila diharapkan mampu mengingatkan kita semua tentang ideologi bangsa, bahwa Pancasila adalah landasan yang tak bisa digantikan oleh paham apapun,” ungkapnya.

Sejak ditetapkannya 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 oleh Presiden Soeharto pada 27 September 1967, peristiwa ini menjadi bagian sejarah tak terpisahkan dari perjalanan panjang bangsa Indonesia menuju kebesaran. Peringatan ini juga dianggap sebagai penghormatan dan penghargaan kepada para pendahulu bangsa yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan keutuhan NKRI.

Upacara ini bukan hanya menjadi simbol penghormatan, tetapi juga sebagai wadah untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda sebagai penerus bangsa. Pemerintah Daerah Parigi Moutong berkomitmen untuk terus memperkuat keberlanjutan dan kebermaknaan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai bagian dari upaya membangun kesadaran akan pentingnya ideologi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. *(Tim)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News