Menu

Mode Gelap

Bisnis · 5 Apr 2023 16:27 WITA ·

Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok di Sulteng Aman, Kepala Barantan Palu Tinjau Pasar Masomba

badge-check

Redaksi


 Kepala Barantan Palu Tinjau Pasar Masomba untuk memastikan ketersediaan bahan pokok aman. Foto: Humas Barantan Palu Perbesar

Kepala Barantan Palu Tinjau Pasar Masomba untuk memastikan ketersediaan bahan pokok aman. Foto: Humas Barantan Palu

Guna memastikan ketersediaan dan stabilisasi harga 12 bahan pangan pokok selama Ramadan dan jelang hari Raya Idul Fitri 1444 H, Kepala Pusat Kepatuhan, Kerja Sama dan Informasi Perkarantinaan (KKIP), Badan Karantina Pertanian (Barantan) Junaidi selaku penanggung jawab pengawalan dan monitoring ketersediaan dan harga bahan pangan pokok untuk Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) turun langsung kelapangan untuk meninjau langsung.

Junaidi bersama tim terpadu pengawasan keamanan pangan dilingkup pemerintah daerah Sulteng melakukan peninjauan lapang di Pasar Induk Manonda, Kota Palu, Rabu 5 April 2023.

“Kami hadir disini sesuai dengan tugas yang diberikan Bapak Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) untuk memastikan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pangan pokok,” kata Junaidi pada keterangan pers.

Menurut Junaidi, dalam tinjauan dan pantauannya, ketersediaan masih aman dan harga di pasaran masih normal seperti beras, telur ayam, kedelai, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai keriting, cabai rawit, daging sapi, dan daging ayam. “Wilayah Sulteng khususnya Kota Palu dapat dipastikan 12 bahan pangan pokok masih aman dan stabil serta harga masih dibawah eceran tertinggi nasional,” ujar Junaidi.

“Contohnya beras ini kita masih surplus dan stok terjamin hingga 2 bulan kedepan dan harga beras medium kisaran 12.000 rupiah perkilogramnya sedang beras premium kisaran 13.000 perkilogramnya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir atau latah berbelanja jumlah banyak,” imbuh Junaidi.

Sementara itu,  untuk ketersediaan bawang putih masih kondisi aman dan harga di pasar 23.000 rupiah per kilogram. Harga tersebut dibawah rata-rata harga nasional yakni 31.000 rupiah per kilogram.

Junaedi yang juga didampingi Kepala Karantina Pertanian Palu, Amril menyebutkan bahwa fokus pengecekan langsung di pasar adalah memastikan kualitas dan kuantitas serta ketersediaan bahan pokok. Selain itu, dipastikan ketersediaan cukup dan tidak ada persoalan serta meminta agar masyarakat bijak membeli bahan pokok di pasar agar tidak terjadi kelangkaan dan menyebabkan harga naik.

Satgas Pangan yang terdiri dari Polda Sulteng, Badan Standarisasi Instrumen Pertanian, Dinas Pangan, Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM), Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Kesehatan, Bulog, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng.

Kunjungan juga dilakukan ke gudang Bulog terpantau kondisi stok beras aman baik beras medium dan premium, kisaran stok beras medium 800 ton dan beras premium 2.000 ton. Saat ini juga Bulog dengan pemerintah daerah terus bekerjasama dalam gelaran pasar murah di masa bulan ramadan dan jelang hari raya idul fitri agar masyarakat dapat mengakses bahan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau.

Sebagai informasi, pengawalan dan monitoring ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang meminta seluruh jajarannya bersama pemerintah daerah di seluruh provinsi yang ada di Indonesia terhadap ketersediaan dan harga 12 bahan pangan pokok.  Jajaran pimpinan di Barantan baik lingkup kantor pusat maupun Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian di wilayah Pulau Sulawesi  turun langsung ke lapangan dan mengawal ketersediaan serta harga 12 bahan pangan pokok.  Selain itu sesuai dengan tugas perkarantinaan, pihaknya juga melakukan tindakan karantina guna menjamin kesehatan dan keamanan serta kelancaran distribusi bahan pangan.

 

Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.
Trending di News