Menu

Mode Gelap

Bisnis · 2 Apr 2024 19:23 WITA ·

Musrenbang Parimo 2024: Membangun Visi Inklusif Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan

badge-check

Redaksi


 Musrenbang Parimo 2024. Foto: Diskominfo Parimo Perbesar

Musrenbang Parimo 2024. Foto: Diskominfo Parimo

Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Parimo 2024 pada Selasa, 2 April 2024, di Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong.

Dalam Musrenbang Parimo 2024 ini, pembahasan utama adalah penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025 dengan tema pembangunan “Penguatan Pertumbuhan Pelayanan Dasar Dan Ekonomi Inklusif Berbasis Kawasan”.

Pj Bupati Richard Arnaldo menyatakan bahwa Musrenbang adalah wahana strategis bagi para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, akademisi, swasta, dan masyarakat, untuk berdiskusi dan menyampaikan usulan pembangunan dari berbagai lapisan masyarakat.

“Prioritas pembangunan yang diarahkan pada RKPD Tahun 2025 terfokus pada empat aspek utama, yakni reformasi birokrasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, pertumbuhan ekonomi inklusif, dan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan,’ jelas Pj Bupati Parimo.

Lebih lanjut, Pj Bupati Parimo menjelaskan bahwa prioritas tersebut akan dijabarkan secara rinci ke dalam program dan kegiatan oleh organisasi perangkat daerah. Hal ini diharapkan dapat mempercepat terwujudnya visi Kabupaten Parigi Moutong yang produktif, maju, aman, tertib, dan berdaya saing.

“Setelah tahap perencanaan, proses selanjutnya akan melibatkan penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), serta penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD),” katanya.

Pj Bupati juga mengingatkan kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk tetap komitmen pada program prioritas daerah, dengan memastikan transparansi dalam pengelolaan anggaran daerah dan melakukan evaluasi kinerja perangkat daerah secara cermat.

Kepala Bidang Dalfas dan Perencanaan Marko, Iqbal Karim, dalam laporannya, menjelaskan bahwa tujuan Musrenbang adalah untuk menyepakati isu strategis pembangunan daerah, menetapkan prioritas pembangunan, dan menyelaraskan program kegiatan dengan prioritas pembangunan provinsi.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Bappelitbangda Parimo Irwan, Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong, para Asisten dan Staf Ahli di Lingkup Sekretariat Daerah, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Camat se-Kabupaten Parigi Moutong, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta berbagai organisasi kemasyarakatan terkait lainnya. *(Adv)

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Sekot Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

20 April 2024 - 18:50 WITA

Sekot Palu Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

Pemkot Palu Raih Peringkat 1 dalam PPD Sulawesi Tengah 2024

18 April 2024 - 23:10 WITA

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido menunjukkan trofi dan sertifikat penghargaan PPD Provinsi Sulawesi Tengah

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

18 April 2024 - 22:50 WITA

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

Damkar Palu Bantu Korban Banjir Bandang Sigi

18 April 2024 - 12:47 WITA

Lebaran Ketupat di Bantaya: Tradisi, Kolaborasi, dan Penggerak Ekonomi Lokal

17 April 2024 - 23:15 WITA

Perjalanan Inspiratif Gunawan dari Poso Menuju Australia

16 April 2024 - 15:03 WITA

Trending di News