Menu

Mode Gelap

News · 28 Feb 2023 13:51 WITA ·

Musrembang Kecamatan Palele dan Paleleh Barat Tampung Puluhan Usulan

badge-check

Redaksi


 Asisten Administrasi Umum Setdakab Buol Lani Irawati Saleh, membuka secara resmi Musrenbang Kecamatan Paleleh dan Paleleh Barat Tahun 2023. Foto Diskominfo Buol Perbesar

Asisten Administrasi Umum Setdakab Buol Lani Irawati Saleh, membuka secara resmi Musrenbang Kecamatan Paleleh dan Paleleh Barat Tahun 2023. Foto Diskominfo Buol

Asisten Administrasi Umum Setdakab Buol Lani Irawati Saleh, membuka secara resmi Musrenbang Kecamatan Paleleh dan Paleleh Barat Tahun 2023.

Lani Irawati Saleh mengatakan, ini adalah rangkaian pelaksanaan Musrenbang hari terakhir tingkat Kecamatan Tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2024.

Dimana Musrenbang tersebut mengusung tema ‘menjamin investasi yang aman dan efektif untuk pembiayayan proyek strategis yang bertujuan dalam peningkatan PAD dan ekspor’.

Lani Irawati Saleh berharap, Musrembang ini dapat menjadi wadah yang harus dioptimalkan dan di maksimal dilaksanakannya.

Sebab ini merupakan pertemuan segala hal dalam mengidentifikasi permasalahan, kemudian mengambil langkah-langkah strategis untuk didiskusikan dan dimusyawarahkan.

“Langkah selanjutnya dipilih dan dipilah sebagaimana kebutuhan-kebutuhan yang menjadi prioritas oleh wilayah kecamatan itu sendiri. Begitu banyak usulan program permasalahan pembangunan, sementara dilain sisi dibatasi dengan kondisi keuangan. Untuk itu diperlukan identifikasi yang tepat untuk dapat menentukan prioritas,” tutur Lani Irawati Saleh, Selasa 28 Februari 2023.

Masih kata Lani Irawati Saleh, saat ini Pj Bupati Buol fokus melakukan kerja sama dengan pihak-pihak swasta untuk mengelola aset daerah yang bisa memproduksi dan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), diantaranya: tambak udang vaname, miniranch, memperkuat kerja sama dengan BKSU serta menjaga ekosistem pelaku ekonomi pertanian serta perikanan.

“Dengan ini semua diharapkan bisa membuat Kabupaten Buol meningkatkan nilai investasi dan pendapatan asli daerah serta meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Ahmad Takuloe yang turut hadir dalam Musrembang itu menjelaskan, jika berbicara anggaran semua mata pasti menuju ke DPR karena disana ada pagu anggaran.

Olehnya Ia berharap, agar Musrenbang ini tidak berakhir di meja rapat saja, tetapi terus berkomunikasi dan konsultasi secara berkelanjutan antara pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan organisasi perangkat daerah termasuk DPRD.

“Perlu saya jelaskan, benar tetapi perlu kita pilah mana yang prioritas atau urgent dibutuhkan masyarakat banyak, karena kami di DPR Kabupaten hanya ada fungsi pengangaran bukanlah hak pengangaran. Intinya kepentingan ini adalah untuk masyarakat,” jelasnya.

Masih ditempat yang sama, Camat Paleleh, Lukman mengatakan, ada beberapa hal permasalahan yang prioritas yang perlu menjadi perhatian diantaranya pada bidang pembangunan, penangulangan kemiskinan, peningkatan kompetensi pendidikan masyarakat.

Kemudian peningkatan penyediaan infrastruktur, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, penempatan pembangunan pertanian, perikanan dan kelautan, pembangunan pedesaan dan peningkatan keamanan dan ketertiban menjadi prioritas perencanaan pembangunan tahun 2024.

Sedangkan Camat Paleleh Barat Wahyudin H Kadir mengatakan, adapun yang perlu menjadi titik start perencanaan tahun 2024 di Kecamatan Paleleh Barat yakni penanganan kesehatan masyarakat utamanya penanganan stunting.

Selain itu, maraknya pemboman ikan atau ilegal fising, kebencanaan abrasi pantai, erosi sungai dan tanah  longsor dan juga ketahanan pangan.

“Ada pula penanganan masalah lingkungan yakni maraknya para penambang emas yang menggunakan tong rendaman. Inilah beberapa hal yang menjadi topik utama perencanaan pembangunan Paleleh Barat tahun depan,” beber Wahyudin H Kadir.

Kegiatan Musrenbang ini dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia kepada desa mandiri di Kabupaten Buol yakni Desa Lintidu dan Desa Paleleh.

Piagam ini diserahkan oleh Asisten II Arianto Rioeh serta penyerahan Kit Siap Nikah Anti Stunting dari BKKBN kepada kepala Desa Timbulon dan Talokan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten III Lani Irawati, Asisten II Arianto Rioeh, ketua DPRD Srikandi Batalipu, Wakil Ketua Ahmad Takuloe, Kepala Bappeda Ibrahim Rasyid, anggota DPRD,  kepala organisasi perangkat daerah, unsur pimpinan tingkat kecamatan dan desa serta para tokoh gama, pemuda dan masyarakat  Kecamatan Paleleh dan Paleleh Barat.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Adipura, Hadianto Rasyid: Ini Bukti Kerja Keras dan Komitmen Bersama

4 Maret 2024 - 09:04 WITA

50 Peserta Ikuti Tournament Body Contest 2024 di Parigi Moutong

3 Maret 2024 - 17:05 WITA

Wakili Bupati Parimo, Adrudin Nur Hadiri HUT ke-129 Kota Poso

3 Maret 2024 - 15:31 WITA

Kabar Baik! Kota Palu Raih Adipura untuk Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan

2 Maret 2024 - 23:00 WITA

TPA Poi Panda Kelurahan Kawatuna. Foto: Istimewa

Kota Palu Raih Peringkat 9 dalam Kompetisi Skill Petugas Damkar Tingkat Nasional

1 Maret 2024 - 21:27 WITA

Kelompok Remaja Serang Polisi di Palu, 1 Tewas

1 Maret 2024 - 13:28 WITA

Trending di News