Menu

Mode Gelap

Bisnis · 2 Okt 2023 10:34 WITA ·

Mulyanto DPR RI Minta Audit PT GNI Pasca-Tewasnya Pekerja

badge-check

Redaksi


 Mulyanto DPR RI Minta Audit PT GNI Pasca-Tewasnya Pekerja. Foto: Dok. Fraksi PKS Perbesar

Mulyanto DPR RI Minta Audit PT GNI Pasca-Tewasnya Pekerja. Foto: Dok. Fraksi PKS

Adv

Kecelakaan maut kembali terjadi di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Rabu, 27 September 2023. Tragedi ini menelan satu korban jiwa dan melukai beberapa karyawan lainnya.

Sebelumnya, perusahaan tambang ini juga pernah terlibat dalam insiden kebakaran yang merenggut nyawa.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, meminta tindakan yang lebih tegas dan peninjauan mendalam terhadap PT GNI oleh Kementerian Perindustrian, terutama terkait aspek keselamatan pekerja dan lingkungan.

Mulyanto menekankan bahwa ini bukanlah kali pertama kecelakaan serius terjadi di PT GNI, dan bahwa insiden-insiden sebelumnya harus diambil sebagai pelajaran berharga. Dia menduga bahwa serangkaian kecelakaan ini bisa jadi disebabkan oleh penggunaan alat kerja yang sudah tua dan tidak standar oleh manajemen PT. GNI, meningkatkan risiko kecelakaan yang sangat tinggi.

“Dalam pantauan sebelumnya diketahui PT GNI banyak menggunakan alat kerja yang sudah tua. Ini kecelakaan yang menewaskan pekerja yang kesekian kalinya. Sepertinya perusahaan smelter ini abai dan tidak mengambil pelajaran dari kasus-kasus yang terjadi sebelumnya,” ujar Mulyanto, dikutip dari Website Resmi Fraksi PKS, Senin, 2 Oktober 2023.

Mulyanto mendesak Kementerian Perindustrian untuk segera melaksanakan audit menyeluruh terhadap teknologi industri smelter di PT GNI, dengan fokus khusus pada aspek keselamatan pekerja dan lingkungan.

Dia juga menegaskan bahwa pemerintah harus bersikap tegas terhadap perusahaan ini, dan jika ditemukan pelanggaran prosedur dalam audit tersebut, sanksi yang sesuai harus diberikan.

“Harus ada upaya pemeriksaan dan perbaikan sungguh-sungguh dalam SOP manajemen industri ini agar benar-benar aman bagi pekerja dan lingkungannya. Jangan sampai kasus-kasus kecelakaan kerja seperti ini masih terus berulang di masa depan. Harus ada sanksi yang tegas dari Pemerintah bila memang terbukti ditemukan pelanggaran-pelanggaran dalam menjalankan operasi industri di perusahaan ini,” tegas Mulyanto.

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 28 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News