Menu

Mode Gelap

Bisnis · 25 Nov 2021 16:02 WITA ·

Menteri Ida Fauziyah Letakkan Batu Pertama IMIP Training Ground

badge-check

Redaksi


 Menaker Ida Fauziyah Letakkan Batu Pertama IMIP Training Ground di Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis, 25 November 2021. Foto: Istimewa Perbesar

Menaker Ida Fauziyah Letakkan Batu Pertama IMIP Training Ground di Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis, 25 November 2021. Foto: Istimewa

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah, melakukan kunjungan kerja ke Morowali, Kamis, 25 November 2021. Dalam kunjungannya, Menaker Ida Fauziyah meninjau lokasi hibah rencana pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) UPTP, di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Usai peninjauan lokasi pembangunan BLK, Menaker Ida Fauziyah melanjutkan kunjungannya ke PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), guna melakukan peletakan batu pertama pembangunan training center IMIP Training Ground.

Dalam sambutannya, Menteri Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah sangat menyambut baik upaya yang dilakukan oleh PT IMIP, dalam penyediaan training center (IMIP Training Ground) guna menunjang peningkataan SDM di Kabupaten Morowali. Diharapkan, kata dia, training center seperti ini mampu menjawab kebutuhan industri di Morowali secara umum.

“Kementerian berharap, hal ini bisa menyerap tenaga kerja di sekitar Morowali, atau mungkin lebih luas, Sulawesi Tengah atau Indonesia pada umumnya. Ini melengkapi pembangunan BLK yang akan kita lakukan kerja sama dengan pemerintah Daerah Morowali dan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan RI,” jelas Ida Fauziyah.

Presiden Joko Widodo, kata dia, meletakkan pembangunan SDM sebagai prioritas utama pembangunan nasional.

Dalam pidato 16 Agustus 2021, di Jakarta, lanjutnya lagi, Presiden Jokowi mengatakan pandemi COVID-19, tidak menyurutkan tekad pemerintah untuk meletakkan SDM pada prioritas utama.

“Alasannya, karena Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Puncaknya pada tahun 2030. Kalau tidak disiapkan sejak sekarang, kita akan mendapati usia penduduk tua yang lebih banyak,” urainya.

Di tempat yang sama, CEO PT IMIP, Alexander Barus mengatakan, sejak berdirinya Kawasan Industri PT IMIP, upaya sharing knowledge atau alih teknologi, adalah program prioritas dari PT IMIP. Langkah itu dilakukan untuk menyiapkan tenaga kerja lokal (tenaga kerja Indonesia) supaya dapat menggantikan TKA di kemudian hari.

“Saat ini jumlah tenaga kerja kita sudah mencapai di angka 50ribuan orang. Dan terus akan bertambah sejalan dengan perkembangan industri kita. Kita berharap tenaga kerja yang punya kemampuan dapat menggantikan mereka. Visa kita, memajukan industri ini ditangan generasi muda yang kompeten,” jelas Alexander Barus.

Sementara, Bupati Morowali, Taslim mengatakan, hari ini PT IMIP kembali membuktikan komitmennya dalam pembangunam ekosistem industri di Morowali.

Tentunya, kata Taslim, guna menunjang pembangunan SDM yang lebih maju, bukan hanya menjadi peran dari pemerintah saja, namun para pelaku industri juga diharapkan dapat memgambil peran di dalamnya.

Pihaknya berharap, keberadaan training center yang disiapkan oleh PT IMIP ini, mampu menjawab kebutuhan tenaga kerja lokal Morowali.

“Tentunya, apa yang dilakukan IMIP hari ini, patut mendapat apresiasi. Kita juga sudah menyiapkan 15 ribu hektar lahan untuk dibangun BLK sesuai dengan kebutuhan industri yang ada di Morowali,” jelas Taslim.

Usai melakukan peletakan batu pertama IMIP Training Ground, Menaker Ida Fauziyah, melanjutkan kunjungan ke Politeknik Industri Logam Morowali guna memberikan kuliah umum dengan tema “generasi muda dan tantangan yang akan di hadapi di masa depan”.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkot Palu: Pajak 10 Persen untuk Kepentingan Rakyat

21 Februari 2024 - 23:06 WITA

pajak daerah

Pemkot Palu Target PAD 2024 sebesar Rp 1,6 Triliun

20 Februari 2024 - 22:40 WITA

Harga Bahan Pokok di Palu: Dari Beras hingga Cabai Rawit Melonjak Tinggi

20 Februari 2024 - 21:16 WITA

Zulkifli Ajak Bersama Dukung Keamanan Pangan di Palu

19 Februari 2024 - 11:32 WITA

Koordinasi Virtual TPID Kota Palu: Antisipasi Inflasi Menuju Ramadhan

19 Februari 2024 - 11:04 WITA

Wakil Wali Kota Palu Buka High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah

6 Februari 2024 - 18:47 WITA

Trending di Bisnis