Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 24 Sep 2023 23:52 WITA ·

Mengenali Serangan Jantung pada Pria dan Wanita

badge-check

Redaksi


 Ilustrasi pemeriksaan penyakit jantung. Foto: Pexels Perbesar

Ilustrasi pemeriksaan penyakit jantung. Foto: Pexels

Penyakit jantung koroner atau serangan jantung adalah masalah serius yang bisa mengenai siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, penting untuk memahami bahwa gejala serangan jantung pada pria dan wanita dapat berbeda secara signifikan, sehingga deteksi dini menjadi kunci untuk menghindari dampak yang lebih buruk.

Gejala Serangan Jantung pada Pria
Pria seringkali mengalami gejala serangan jantung yang lebih klasik, seperti nyeri dada yang terasa seperti ditimpa “Gajah” atau perasaan tertekan. Selain itu, gejala lain yang umum termasuk nyeri di lengan, bahu kiri, punggung, leher, rahang, atau perut. Detak jantung yang cepat, gangguan pencernaan, sesak nafas, pusing, dan keringat dingin juga bisa menjadi tanda-tanda serangan jantung pada pria.

Gejala Serangan Jantung pada Wanita
Wanita seringkali mengalami gejala yang berbeda, dan ini bisa membuat serangan jantung sulit terdeteksi. Gejala yang dapat muncul pada wanita termasuk kelelahan yang tidak biasa, gangguan tidur, kecemasan, sakit kepala ringan, sesak nafas, gangguan pencernaan, sakit punggung bagian atas, bahu, atau tenggorokan, sakit rahang, atau rasa tertekan di bagian tengah dada yang dapat menjalar ke lengan.

Meskipun ada perbedaan dalam gejala serangan jantung antara pria dan wanita, faktor risiko utama tetap sama. Obesitas, merokok, diabetes, hipertensi, riwayat keluarga dengan penyakit jantung, dan sindrom metabolik (tekanan darah tinggi, obesitas, kadar gula darah dan trigliserida yang tinggi) adalah faktor risiko yang berlaku untuk keduanya.

Selain itu, wanita memiliki faktor risiko tambahan seperti kadar hormon testosteron yang tinggi sebelum menopause, peningkatan hipertensi saat menopause, penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, stres, dan depresi. Penting bagi wanita untuk lebih sadar akan faktor risiko ini.

Mengenali gejala serangan jantung secara tepat pada pria dan wanita dapat menyelamatkan nyawa. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala yang mencurigakan, segera hubungi layanan medis darurat. Pencegahan, kesadaran akan faktor risiko, dan pemantauan kesehatan yang teratur adalah langkah-langkah kunci untuk menjaga kesehatan jantung baik pada pria maupun wanita.

Sumber: kemenkes

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News