Menu

Mode Gelap

Bisnis · 15 Sep 2023 22:50 WITA ·

Ma’ruf Amin Ajak Pengusaha Tiongkok Investasi Produk Halal di RI

badge-check

Redaksi


 Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan sejumlah pengusaha Tiongkok di wilayah Fujian, di Hotel Crowne Plaza Fuzhou Riverside, Fuzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok, Jumat, 15 September 2023. Foto: BPMI Setwapres Perbesar

Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan sejumlah pengusaha Tiongkok di wilayah Fujian, di Hotel Crowne Plaza Fuzhou Riverside, Fuzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok, Jumat, 15 September 2023. Foto: BPMI Setwapres

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengungkapkan apresiasi terhadap sejumlah proyek kerja sama antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dalam kerangka Two Countries Twin Parks (TCTP). Wapres menyatakan bahwa proyek-proyek tersebut telah berjalan dengan baik dan memiliki potensi untuk diperluas, terutama dalam sektor industri halal.

“Perluasan agar mencakup sektor industri halal. Pangsa pasar produk halal global maupun antarkedua negara sangat potensial untuk dioptimalkan guna memperkuat kerja sama ekonomi ke depannya.” kata Wapres Ma’ruf Amin saat melakukan pertemuan dengan sejumlah pengusaha Tiongkok di wilayah Fujian, Jumat, 15 September 2023, di Hotel Crowne Plaza Fuzhou Riverside, Fuzhou, Provinsi Fujian, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Untuk mendukung upaya ini, lanjut Ma’ruf Amin, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendorong koordinasi internal dalam memfasilitasi investasi perusahaan Tiongkok. Hal ini akan dilakukan melalui pembentukan kelompok kerja lintas kementerian dan lembaga khusus untuk TCTP.

Wapres Ma’ruf Amin juga menyambut baik minat pelaku bisnis halal untuk berinvestasi di Indonesia dan mengungkapkan bahwa Indonesia telah memiliki tiga kawasan industri halal, termasuk Halal Modern Valley di Serang, Halal Industrial Park di Sidoarjo, dan Bintan Inti Halal Hub di Bintan.

Pemerintah mengundang para pelaku bisnis yang tertarik untuk berinvestasi di sektor industri halal, baik untuk memenuhi kebutuhan domestik maupun ekspor.

“Pemerintah Indonesia juga telah mengajak Kawasan Industri Batang dan Aviarna untuk membangun zona halal, seperti di Kawasan Industri Bintan, guna mendorong potensi industri pangan halal dalam koridor TCTP,” tambahnya.

Terkait sertifikasi halal bagi produk-produk dari perusahaan Tiongkok, Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa sertifikasi halal dapat dilakukan melalui Kantor Perwakilan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Makanan (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Shanghai.

Ia juga meminta para pihak terkait untuk segera menindaklanjutinya sesuai prosedur yang berlaku melalui koordinasi untuk pendaftaran dan asesmen sesuai prosedur yang berlaku di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), dengan hasil asesmen ini sebagai dasar penerbitan Mutual Recognition Agreement (MRA) atau Sertifikasi Akreditasi.

Terakhir, Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa BPJPH telah menerima empat permohonan Registrasi Lembaga Halal Luar Negeri dari Tiongkok, termasuk Islamic Food Research Centre (Hong Kong), Halal Certification Service (Chongqing), Shandong Halal Certification Service (Jinan), dan Shaanxu Shang Pin Yuan Halal Food and Restaurant Management Co. Ltd.

TCTP adalah program kerja sama strategis antara Indonesia dan Tiongkok yang bertujuan untuk mendorong investasi di kawasan industri dan mendukung visi pembangunan prioritas kedua negara, yaitu Poros Maritim Dunia dan Belt and Road Initiative (BRI).

Memorandum of understanding (MoU) terkait TCTP telah ditandatangani oleh kedua negara pada 12 Januari 2021, melibatkan Kawasan Industri Yuanghong di Provinsi Fujian, RRT, serta tiga kawasan industri di Indonesia.

Sektor-sektor yang menjadi prioritas dalam kerja sama ini termasuk industri kelautan, pembangunan infrastruktur, industri pangan, bahan bangunan, energi, perawatan-perbaikan- pemeriksaan penerbangan, elektronik, dan sektor lainnya.

Dalam pertemuan ini, Wapres didampingi oleh Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun, serta sejumlah pengusaha Tiongkok yang bergerak di sektor halal dan pejabat terkait.

Berita Sulawesi Tengah Terbaru dan Terupdate

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News