Menu

Mode Gelap

Bisnis · 12 Mei 2023 19:14 WITA ·

Menko Marves Kunjungi IMIP, Lihat Progres Proyek Katoda Baterai Listrik

badge-check

Redaksi


 Menko Luhut saat melihat langsung progres proyek baterai listrik di Kawasan PT IMIP Morowali, Jumat, 12 Mei 2023. Foto: Istimewa Perbesar

Menko Luhut saat melihat langsung progres proyek baterai listrik di Kawasan PT IMIP Morowali, Jumat, 12 Mei 2023. Foto: Istimewa

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves RI) Luhut B Pandjaitan kembali melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Jumat (12/5). Dalam kunjungannya, Menteri Luhut bersama rombongan Kemenko Marves RI melihat progres dari proyek QMB New Energy Materials yang ada di Kawasan Industri IMIP.

Selain itu, Menteri Luhut juga membawa beberapa orang perwakilan dari Negara Republik Kongo. Ini merupakan kelanjutan dari hasil kunjungan kerjanya ke Kenya, Kongo, dan Zimbabwe pada Januari 2023 lalu.

Kepada Perwakilan Kongo itu, Menteri Luhut memaparkan tentang masa depan ekosistem kendaraan listrik, dimana Indonesia menargetkan menjadi pemain utama industri mobil listrik secara global.

“QMB New Energy Materials merupakan bagian dari kerangka kerja sama strategis Global Maritime Fulcrum Indonesia dan inisiatif One Belt, One Road Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kerja sama ini menitikberatkan pada pemanfaatan tenaga kerja lokal dan ramah lingkungan,” kata Luhut.

Selain Indonesia, QMB juga merupakan proyek kerja sama dengan Korea dan Jepang. Dengan demikian, terdapat 4 negara yang berada dalam kerja sama ini yakni Indonesia, RRT, Korea, dan Jepang.

Dalam kunjungan singkat itu, selain melihat progres proyek QMB New Energy Materials, Menteri Luhut bersama rombongan juga mengunjungi PT Indonesia Puqing Recycling Technology. Perusahaan ini merupakan perusahaan recycling baterai bekas, bagian dari klaster industri di Kawasan Industri IMIP, yang nantinya akan menunjang ekosistem baterai listrik di tanah air.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

DKP Sulteng Serahkan Bantuan untuk Nelayan di Pesisir Poso

17 Mei 2024 - 12:02 WITA

Kepala DKP Sulteng, Moh Arif Latjuba

Jepang Berharap Masyarakat Palu Tangguh dan Siaga Hadapi Bencana

25 April 2024 - 18:36 WITA

Musrenbang Parimo 2024: Membangun Visi Inklusif Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan

2 April 2024 - 19:23 WITA

Wali Kota Palu Apresiasi BI Sediakan Layanan Penukaran Uang Jelang Idul Fitri

2 April 2024 - 18:45 WITA

Trending di Bisnis