Menu

Mode Gelap

Bisnis · 12 Mei 2023 19:14 WITA ·

Menko Marves Kunjungi IMIP, Lihat Progres Proyek Katoda Baterai Listrik

badge-check

Redaksi


 Menko Luhut saat melihat langsung progres proyek baterai listrik di Kawasan PT IMIP Morowali, Jumat, 12 Mei 2023. Foto: Istimewa Perbesar

Menko Luhut saat melihat langsung progres proyek baterai listrik di Kawasan PT IMIP Morowali, Jumat, 12 Mei 2023. Foto: Istimewa

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves RI) Luhut B Pandjaitan kembali melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Jumat (12/5). Dalam kunjungannya, Menteri Luhut bersama rombongan Kemenko Marves RI melihat progres dari proyek QMB New Energy Materials yang ada di Kawasan Industri IMIP.

Selain itu, Menteri Luhut juga membawa beberapa orang perwakilan dari Negara Republik Kongo. Ini merupakan kelanjutan dari hasil kunjungan kerjanya ke Kenya, Kongo, dan Zimbabwe pada Januari 2023 lalu.

Kepada Perwakilan Kongo itu, Menteri Luhut memaparkan tentang masa depan ekosistem kendaraan listrik, dimana Indonesia menargetkan menjadi pemain utama industri mobil listrik secara global.

“QMB New Energy Materials merupakan bagian dari kerangka kerja sama strategis Global Maritime Fulcrum Indonesia dan inisiatif One Belt, One Road Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kerja sama ini menitikberatkan pada pemanfaatan tenaga kerja lokal dan ramah lingkungan,” kata Luhut.

Selain Indonesia, QMB juga merupakan proyek kerja sama dengan Korea dan Jepang. Dengan demikian, terdapat 4 negara yang berada dalam kerja sama ini yakni Indonesia, RRT, Korea, dan Jepang.

Dalam kunjungan singkat itu, selain melihat progres proyek QMB New Energy Materials, Menteri Luhut bersama rombongan juga mengunjungi PT Indonesia Puqing Recycling Technology. Perusahaan ini merupakan perusahaan recycling baterai bekas, bagian dari klaster industri di Kawasan Industri IMIP, yang nantinya akan menunjang ekosistem baterai listrik di tanah air.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Hadianto Rasyid Raih Penghargaan Kepala Daerah Terbaik di Ajang Baznas Award 2024

29 Februari 2024 - 23:19 WITA

Pemkot Palu: Pajak 10 Persen untuk Kepentingan Rakyat

21 Februari 2024 - 23:06 WITA

pajak daerah

Pemkot Palu Target PAD 2024 sebesar Rp 1,6 Triliun

20 Februari 2024 - 22:40 WITA

Harga Bahan Pokok di Palu: Dari Beras hingga Cabai Rawit Melonjak Tinggi

20 Februari 2024 - 21:16 WITA

Zulkifli Ajak Bersama Dukung Keamanan Pangan di Palu

19 Februari 2024 - 11:32 WITA

Koordinasi Virtual TPID Kota Palu: Antisipasi Inflasi Menuju Ramadhan

19 Februari 2024 - 11:04 WITA

Trending di Bisnis