Menu

Mode Gelap

Food & Travel · 17 Apr 2024 23:15 WITA ·

Lebaran Ketupat di Bantaya: Tradisi, Kolaborasi, dan Penggerak Ekonomi Lokal

badge-check

Redaksi


 Lebaran Ketupat di Bantaya: Tradisi, Kolaborasi, dan Penggerak Ekonomi Lokal. Foto: Diskominfo Parigi Moutong Perbesar

Lebaran Ketupat di Bantaya: Tradisi, Kolaborasi, dan Penggerak Ekonomi Lokal. Foto: Diskominfo Parigi Moutong

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran merayakan Lebaran Ketupat di Kawasan Pesisir Pantai Kelurahan Bantaya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, pada Rabu, 17 April 2024.

Sekda Zulfinasran mengatakan Lebaran Ketupat ini merupakan salah satu budaya yang harus dilestarikan, sebab memiliki nilai positif tinggi. Kegiatan seperti ini sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling memaafkan, mohon maaf, dan dimulai dari nol di Hari Raya Idul Fitri.

“Atas nama Pemda Parigi Moutong, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kelurahan Bantaya khususnya Warga Gorontalo, organisasi Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Parigi Moutong dan Lamahu Parigi Moutong yang telah berkolaborasi sehingga terlaksananya kegiatan ini,” ungkap Sekda Zulfinasran.

Perayaan Lebaran Ketupat di Parigi Moutong sendiri, rutin digelar setiap tahun setelah Hari Raya Idul Fitri. Lebaran ketupat kali ini, beraneka ragam makanan dan berbagai lomba olahraga tradisional telah diadakan panitia pelaksana. Sejumlah titik lapak UMKM dan wahana bermain bagi anak-anak pun menghiasi perayaan Lebaran Ketupat tersebut.

“Event-event seperti ini yang penting didorong ke depan agar terus terlaksana dan dikembangkan, karena selain jadi ajang silaturahmi, Lebaran Ketupat di Bantaya ini juga menjadi salah satu pemicu bergeraknya roda perekonomian masyarakat di sekitarnya,” kata Sekda Zulfinasran. *(Tim)

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News