Menu

Mode Gelap

News · 5 Mar 2023 19:39 WITA ·

Kalah Lawan PT ANA, Petani Kakak Beradik di Morut Dijatuhi Hukuman 2 Tahun Penjara

badge-check

Redaksi


 Kalah Lawan PT ANA, Petani Kakak Beradik di Morut Dijatuhi 2 Tahun Penjara. foto : Noval A Saputra Perbesar

Kalah Lawan PT ANA, Petani Kakak Beradik di Morut Dijatuhi 2 Tahun Penjara. foto : Noval A Saputra

Petani Kakak beradik, Gusman (44) dan Sudirman (41) yang dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan secara kooperatif menyerahkan diri kepada kepala cabang Kejaksaan Negeri Morowali di Kolonodale.

Selanjutnya keduanya akan menjalani pidana kurungan badan di Lapas Pemasyarakatan kelas III B, Jumat 3 Marer 2023 kemarin.

Keluarga beserta teman-teman seperjuangan bersolidaritas mengantar Gusman dan Sudirman mengantar ke Lapas kelas III B Kolonodale

Noval A. Saputra dari FRAS Sulteng mengatakan, Hakim MA RI menolak Kasasi Petani Kakak Beradik Gusman Dan Sudirman, bahwa putusan tersebut tajam kebawah tumpul keatas dengan mencederai asas Keadilan terhadap petani yang selama ini memperjuangkan hak atas tanahnya bil khusus peninggalan orang tua mereka.

Padahal PT ANA sejak 2006 hingga saat ini tidak mengantongi HGU, bahwa PT ANA menunjukkan cara investasi yang tidak sehat dan melakukan pelanggaran HAM terhadap petani.

“Perihal tersebut jika kita saksikan secara seksama dalam setiap pertimbangan hakim dan tuntutan jaksa, kesemuanya memisahkan relasi antara Hak Penguasaan dan Pemilikan Tanah dengan tanaman Sawit. PT.ANA sejak 2006 lebih kurang 16 tahun melakukan pemanenan sama sekali tidak memberikan hak petani sebagai pemilik tanah,” beber Noval A Saputra, Minggu 5 Maret 2023.

Rusli sebagai saudara kandung Gusman dan Sudirman mengatakan Sementara itu pihak keluarga merasa kecewa dengan putusan hukum yang masih jauh dari rasa keadilan.

“Apalagi ini bukan murni tindak pidana pencurian, karena rindangnya pohon sawit milik PT ANA itu berdiri diatas lahan peninggalan orang tua mereka,” cetusnya.

Penasehat Hukum Yansen Kundimang mengatakan, pihaknya bersama keluarga Gusman dan Sudirman datang langsung ke Kantor Kejaksaan, agar proses hukumnya berjalan lancar, dan tentunya pihak aparat penegak hukum tidak perlu tenaga extra dalam melakukan eksekusi.

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News