Menu

Mode Gelap

News · 25 Nov 2023 16:01 WITA ·

HUT ke-78 PGRI: Wali Kota Palu Ajak Guru Perkuat Gerakan Merdeka Belajar

badge-check

Redaksi


 Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengajak guru perkuat gerakan Merdeka Belajar di Indonesia. Foto: Istimewa Perbesar

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengajak guru perkuat gerakan Merdeka Belajar di Indonesia. Foto: Istimewa

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, bersama dengan sejumlah pejabat dan tokoh pendidikan setempat, turut memeriahkan acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tahun 2023. Acara berlangsung meriah di halaman kantor Wali Kota Palu pada Sabtu, 25 November 2023.

Dalam acara tersebut, Wali Kota Palu didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imtan Lataha, serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan sekaligus Ketua PGRI Kota Palu, H. Hardi. Turut hadir pula sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan TNI dan Polri, serta stakeholder lainnya.

Berbagai penampilan memeriahkan acara HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional, mulai dari anak-anak TK dan SD hingga para guru dan tenaga pendidik pada jenjang TK, SD, dan SMP.

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PGRI dan Dinas Pendidikan (Disdik) atas inisiatif mereka dalam menyelenggarakan acara ini dengan lancar.

Dalam sambutannya, Wali Kota Hadianto juga menyampaikan salam dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yang menyatakan bahwa tahun ini mungkin menjadi tahun terakhirnya merayakan Hari Guru Nasional sebagai menteri.

Meskipun menyampaikan rasa sedih karena akan merindukan pertemuan dengan semua guru, ia menyampaikan keyakinan dan optimisme kuat terkait perjalanan pendidikan di Indonesia.

Wali Kota Palu menyebutkan beberapa capaian signifikan dalam 4 tahun terakhir, termasuk penghapusan ujian nasional dan pemberian kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar murid.

Selain itu, implementasi asesmen nasional dan peluncuran Kurikulum Merdeka menjadi langkah penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan.

Pentingnya kurikulum merdeka juga diakui sebagai solusi untuk meringankan beban murid, memberikan keleluasaan kepada guru untuk berkreasi, dan memperluas ruang berbagi pengalaman antar guru melalui platform Merdeka Mengajar.

Wali Kota Palu juga menyebutkan program pendidikan guru penggerak sebagai terobosan besar dalam menciptakan generasi guru dan kepala sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

Di akhir sambutannya, Wali Kota Palu Hadianto mengajak semua pihak untuk merayakan Hari Guru Nasional dengan semangat untuk terus melaju ke depan, memperkuat gerakan Merdeka Belajar, dan mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan di Indonesia. * (Tim)

Follow Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Adipura, Hadianto Rasyid: Ini Bukti Kerja Keras dan Komitmen Bersama

4 Maret 2024 - 09:04 WITA

50 Peserta Ikuti Tournament Body Contest 2024 di Parigi Moutong

3 Maret 2024 - 17:05 WITA

Wakili Bupati Parimo, Adrudin Nur Hadiri HUT ke-129 Kota Poso

3 Maret 2024 - 15:31 WITA

Kabar Baik! Kota Palu Raih Adipura untuk Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan

2 Maret 2024 - 23:00 WITA

TPA Poi Panda Kelurahan Kawatuna. Foto: Istimewa

Kota Palu Raih Peringkat 9 dalam Kompetisi Skill Petugas Damkar Tingkat Nasional

1 Maret 2024 - 21:27 WITA

Kelompok Remaja Serang Polisi di Palu, 1 Tewas

1 Maret 2024 - 13:28 WITA

Trending di News