Menu

Mode Gelap

News · 2 Mei 2024 12:16 WITA ·

Hadianto Rasyid jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

badge-check

Redaksi


 Hadianto Rasyid jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Foto: Dok. Pemkot Palu Perbesar

Hadianto Rasyid jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Foto: Dok. Pemkot Palu

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di SMA Negeri 4 Bantilan, Kota Palu, Kamis 2 Mei 2024. Upacara ini diikuti sejumlah kepala sekolah, guru, dan siswa dari berbagai sekolah di bawah naungan Pemerintah Kota Palu.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Hadianto membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Menristekdikti), Nadiem Makarim.

Dalam pidatonya, Wali Kota Hadianto menyampaikan bahwa lima tahun terakhir telah menjadi perjalanan yang sangat berkesan bagi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kepemimpinan dalam gerakan Merdeka Belajar telah semakin menyadarkan kementerian akan tantangan dan peluang untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Menteri Nadiem, melalui Wali Kota Hadianto, mengakui bahwa mengubah sebuah sistem pendidikan yang besar bukanlah tugas yang mudah, dan proses transformasi ini tidak terjadi dengan sendirinya. Namun, dengan tekad dan kerja keras, perubahan tersebut dapat terwujud.

Selama lima tahun terakhir, Indonesia juga dihadapkan pada tantangan yang tak terduga, yaitu pandemi. Dampak dari pandemi ini mengubah secara drastis proses pembelajaran dan gaya hidup masyarakat. Namun demikian, pandemi juga memberikan kesempatan untuk mempercepat perubahan.

“Dengan semangat gotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat. Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama,” kata Hadianto.

Menurut Menteri, perubahan sudah mulai terjadi di sekeliling kita, didorong oleh langkah-langkah yang serempak dan serentak. Gerakan Merdeka Belajar telah memunculkan wajah baru bagi pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

Menteri melalui wali kota juga menyoroti bahwa anak-anak Indonesia kini merasa lebih berani bermimpi, guru-guru berani mencoba hal-hal baru, mahasiswa siap berkarya, dan seniman serta pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi.

Meskipun tahun ini menjadi akhir masa pengabdian Mendikbudristek Nadiem Makarim, namun ini bukanlah akhir dari Gerakan Merdeka Belajar. Semua upaya yang telah dilakukan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan.

Dalam penutup pidatonya, Wali Kota Hadianto mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pendidikan di Indonesia atas perjuangan mereka. Dengan penuh harapan, Menteri menyerahkan Gerakan Merdeka Belajar kepada seluruh insan pendidikan sebagai penggerak perubahan yang tak kenal lelah.

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Ketua TP-PKK Kota Palu, Hj. Diah Puspita, dan sejumlah pejabat lainnya. *(Adv)

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 29 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News