Menu

Mode Gelap

News · 25 Sep 2023 11:02 WITA ·

Guru di Parigi Moutong Dilatih Gasing

badge-check

Redaksi


 Ilustrasi pelatihan guru. Foto: Pexels Perbesar

Ilustrasi pelatihan guru. Foto: Pexels

Sebuah inisiatif edukatif baru telah diluncurkan di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), dengan Yohanes Surya, seorang pendidik terkemuka, mengenalkan metode unik bernama GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan).

Yohanes Surya, dalam upayanya untuk memajukan pendidikan di Parigi Moutong, telah memulai tahap pertama dari pelatihan guru. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kepercayaan diri para guru Parigi Moutong dalam memberikan pemahaman tentang berhitung kepada anak-anak. Terutama, anak-anak yang kemampuan intelektualnya masih berada di tingkat menengah ke bawah.

“Metode GASING adalah bukti bahwa setiap anak dapat dibimbing menjadi hebat,” kata Yohanes, dalam keterangannya, Senin, 25 September 2023.

Setelah menyelesaikan tahap pertama, proses pengajaran akan melanjutkan ke tahap kedua, yaitu Pengimbasan. Di tahap ini, guru akan mengajar kepada guru lain, membentuk sebuah rantai pelatihan di mana satu guru dapat melatih sepuluh guru lainnya. Proses ini akan berlangsung selama enam bulan, dengan tujuan menyebarkan pengetahuan dan keterampilan ini secara luas di Parigi Moutong.

“Ini adalah komitmen kita untuk mencerdaskan anak-anak di Parigi Moutong, dan kami akan memastikan semua anak di sini mahir berhitung,” tambahnya.

Yohanes Surya, seorang pendidik terkemuka, mengenalkan metode unik bernama Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) pada Guru Parigi Moutong.
Yohanes Surya, seorang pendidik terkemuka, mengenalkan metode unik bernama Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) pada Guru Parigi Moutong. Foto: Istimewa

Yohanes mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengirimkan tujuh orang pelatih dari berbagai daerah ke Parigi Moutong. Ini adalah bagian dari upaya untuk memperluas pengaruh metode GASING ke seluruh Indonesia. Para guru yang menunjukkan keunggulan dalam pelatihan ini akan diundang untuk melatih di daerah-daerah lain, menciptakan lingkaran saling berbagi pengetahuan.

“Kami akan terus melatih guru dan siswa, bahkan melalui pertemuan daring, untuk memastikan pendidikan berkualitas di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Tahap ketiga dari proyek ini akan melibatkan semua murid di Parigi Moutong. Selama dua minggu penuh, sekolah akan fokus pada pembelajaran GASING, dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang matematika, termasuk pecahan desimal, geometri, olimpiade, dan mata pelajaran lainnya yang akan membantu siswa mempersiapkan diri untuk tingkat SMP dan SMA.

“Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan panjang kita menuju peningkatan pendidikan di Parigi Moutong, dan kami berharap hal ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi anak-anak di wilayah ini,” kata Yohanes.

Artikel ini telah dibaca 28 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News