Menu

Mode Gelap

Bisnis · 30 Jan 2023 23:42 WITA ·

Forkkom Bappeda se-Sulteng Diharapkan Bisa Menghasilkan Terobosan Baru untuk Daerah

badge-check

Redaksi


 Forkkom Bappeda se-Sulawesi Tengah di Kota Palu. Foto: Pemkot Palu Perbesar

Forkkom Bappeda se-Sulawesi Tengah di Kota Palu. Foto: Pemkot Palu

Wakil Wali Kota Palu dr. Reny A. Lamadjido menghadiri pembukaan Forum Koordinasi dan Komunikasi (Forkkom) ke-20 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) se-Sulawesi Tengah, Senin malam, 30 Januari 2023, di Lapangan Vatulemo, Kota Palu.

Kegiatan yang diikuti seluruh Bappeda kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah tersebut dilaksanakan mulai 30 Januari hingga 1 Februari 2023.

Wakil Wali Kota Palu dr Reny dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para peserta Forkkom Bappeda di Kota Palu guna melaksanakan koordinasi serta komunikasi dan pameran yang dipusatkan di Lapangan Vatulemo.

“Sebagai ucapan terima kasih, saya menyampaikan sejak kemarin kunjungan masyarakat Kota Palu yang ada di acara event Forkkom Bappeda ini kurang lebih sebanyak 2.400 orang,” kata dr Reny.

Ia mengatakan, pelaksanaan Forkkom Bappeda ini sebagai ajang silaturahmi dan saling koordinasi antar insan perencana pembangunan daerah yang keberadaannya betul-betul hendak dimanfaatkan agar event ini memberikan sumbangsih terobosan pemikiran dari pesertanya.

Menurutnya Forkkom ke-20 Bappeda se-Sulawesi Tengah tersebut indikator di dalamnya adalah indeks pembangunan manusia dan transformasi ekonomi yang berkualitas.

“Di dalamnya terbesit pesan penguatan ekonomi yang merata dan indeks pembangunan manusianya akan meningkat. Sayangnya stuntingnya juga meningkat. Insyaallah ke depan stunting kita akan jauh lebih baik, sehingga Kota Palu bisa menurun stuntingnya,” ujarnya.

Ia mengatakan dari sisi perencanaan hendaknya setiap insan perencana pada semua label benar-benar dapat menguasai dengan presisi yang menyangkut metodologi tahapan serta instrumen.

Wakil Wali Kota Palu berharap dengan pelaksanaan Forkkom Bappeda ini dapat mengakselerasi visi Gubernur Sulawesi Tengah Tahun 2021-2024 yakni Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju sambil mendorong kerja sama antar kabupaten/kota.

Dengan kerja-kerja berjemaah antar daerah tersebut, lanjut Wakil Wali Kota Palu, dapat menanggulangi kemiskinan, mengurangi kesenjangan antar wilayah, serta pemanfaatan bersama Sumber Daya Alam untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan indikator oleh pencapaian SDGs secara tepat sampai ke tingkat wilayah ke bawah.

“Semoga melalui Forkkom ke-20 Bappeda se-Sulawesi Tengah ini dapat menghasilkan terobosan pemikiran untuk daerah,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Kepala Bappeda Kota Palu, Arfan, perwakilan Gubernur Sulawesi Tengah, Kepala Bappeda Sulawesi Tengah, dan lainnya. *(IM)

 

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

DKP Sulteng Serahkan Bantuan untuk Nelayan di Pesisir Poso

17 Mei 2024 - 12:02 WITA

Kepala DKP Sulteng, Moh Arif Latjuba

Jepang Berharap Masyarakat Palu Tangguh dan Siaga Hadapi Bencana

25 April 2024 - 18:36 WITA

Musrenbang Parimo 2024: Membangun Visi Inklusif Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan

2 April 2024 - 19:23 WITA

Wali Kota Palu Apresiasi BI Sediakan Layanan Penukaran Uang Jelang Idul Fitri

2 April 2024 - 18:45 WITA

Trending di Bisnis