Menu

Mode Gelap

News · 19 Sep 2023 09:11 WITA ·

Fakta Menarik Film ‘Mappacci’ yang Mungkin Anda Belum Ketahui

badge-check

Redaksi


 Mappacci (malam pacar), sebuah film lokal Indonesia yang lagi trend. Foto: Istimewa Perbesar

Mappacci (malam pacar), sebuah film lokal Indonesia yang lagi trend. Foto: Istimewa

Kesenian Indonesia Timur kembali mengukir prestasi dengan film terbaru mereka yang meramaikan layar bioskop tanah air. Film “Mappacci – Malam Pacar,” yang digarap oleh sutradara Andi Burhamzah, menjanjikan pengalaman sinematik yang mendalam dengan sentuhan budaya lokal yang kaya akan pesan moral dan kearifan adat Bugis.

Film ini mengangkat adat suku Bugis yang masih lestari di Makassar, di mana calon pengantin disucikan melalui serangkaian ritual penyucian yang melibatkan daun pacar atau daun pacci. Adat ini merupakan bagian penting dari budaya Bugis yang sampai saat ini masih dijalankan oleh masyarakat lokal.

Pada 25 Mei 2023, film “Mappacci” menggelar premiere film perdananya di Metropole Jakarta Pusat. Film drama ini mengisahkan kisah Tenri, yang harus menghadapi kehilangan kekasihnya, Iwan, dalam tragedi tenggelam di pedalaman Papua. Namun, kisahnya berubah ketika Iwan ditemukan selamat. Ini memicu pertanyaan, bagaimana Tenri akan membuat keputusan setelah kabar mengejutkan ini?

Tidak hanya menghadirkan kisah romansa yang memikat, film “Mappacci” juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

Meskipun film ini awalnya dijadwalkan untuk tayang pada Tahun 2020, keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 membuat penundaan tak terhindarkan. Namun, produser Timur Pictures bekerja sama dengan 786 Production dengan tekun menyelesaikan proyek ini. Akhirnya, kabar baiknya adalah penonton dapat menyaksikan “Mappacci-Malam Pacar” di bioskop kesayangan Anda saat ini.

Film ini diharapkan tidak hanya akan menghibur, tetapi juga menginspirasi penonton dengan pesan moral dan budaya yang terkandung di dalamnya, terutama budaya adat Bugis yang begitu berharga bagi Indonesia Timur.

Jangan lewatkan untuk menyaksikan tayangan spesial ini saat film “Mappacci-Malam Pacar” tiba di bioskop-bioskop Indonesia. *(AR)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.

Telan Anggaran Rp 25 Miliar, Proyek Vatulemo di Palu Diperkirakan Rampung Juni 2024

18 Mei 2024 - 13:18 WITA

Lapangan Vatulemo

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia

17 Mei 2024 - 13:56 WITA

3 Korban Perahu Terbalik di Laut Morowali Ditemukan Meninggal Dunia
Trending di News