Menu

Mode Gelap

Sports · 11 Sep 2023 09:29 WITA ·

Elkan Baggott, Perjalanan Gemilang dari Bangkok ke Timnas Indonesia

badge-check

Redaksi


 Elkan Baggott. Foto: Dok. elkanbaggott Perbesar

Elkan Baggott. Foto: Dok. elkanbaggott

Nama Elkan William Tio Baggott telah menjadi perbincangan hangat dalam dunia sepak bola Indonesia. Pemain muda berusia 20 tahun ini, bermain sebagai bek tengah untuk Ipswich Town di EFL Championship dan Timnas Indonesia.

Berikut cerita menarik tentang Elkan Baggott di dunia sepak bola.

Perjalanan Kelahiran di Bangkok, Thailand

Elkan Baggott lahir pada 23 Oktober 2002 di Bangkok, Thailand. Meskipun tempat kelahirannya adalah Thailand, jangan sampai itu membingungkan. Baggott adalah pemain sepak bola berkewarganegaraan Indonesia dengan akar budaya yang beragam. Ibunya berasal dari Indonesia, sementara ayahnya adalah warga negara Inggris.

Masa Kecil di Inggris dan Perjalanan Karier

Masa kecil Elkan Baggott sebagian besar dihabiskan di Inggris. Di sinilah ia mulai merintis karier sepak bola yang gemilang. Pada 2017, Baggott bergabung dengan akademi sepak bola Ipswich Town. Dalam waktu singkat, bakatnya yang luar biasa memungkinkannya naik ke tim utama Ipswich Town di EFL Championship.

Komitmen pada Timnas Indonesia

Salah satu hal yang membuat Elkan Baggott begitu istimewa adalah komitmennya terhadap Timnas Indonesia. Meskipun memiliki opsi untuk memperkuat tim nasional Inggris, Thailand, atau Indonesia, Baggott dengan tegas memilih mengenakan seragam Merah-Putih. Keputusannya ini tidak hanya tentang sepak bola; ini adalah ekspresi cinta dan kesetiaan pada negara asal sang ibu.

Langkah Menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)

Bagi Baggott, komitmen kepada Indonesia lebih dari sekadar pemilihan tim nasional. Pada usia yang masih di bawah 20 tahun, ia membuat langkah luar biasa dengan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ini adalah langkah yang langka, dan pada tanggal 9 November 2021, Elkan Baggott resmi memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia.

Debut Internasional dan Kontribusi untuk Timnas Indonesia

Debut internasional Baggott bersama Timnas Indonesia terjadi pada 16 November 2021, dalam pertandingan uji coba melawan Afghanistan. Dengan tinggi tubuh mencapai 194 cm, Baggott telah menjadi kekuatan di lini pertahanan Timnas Indonesia. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 12 caps bersama tim nasional dan mencetak dua gol penting.

Elkan Baggott adalah bukti nyata betapa sepak bola dapat menghubungkan budaya dan mendorong komitmen yang luar biasa. Dia adalah inspirasi bagi banyak pemuda Indonesia yang bermimpi meraih prestasi di panggung sepak bola internasional. Dengan bakat dan dedikasinya, Elkan Baggott adalah bintang muda yang terus bersinar dalam perjalanan karier sepak bola Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

50 Peserta Ikuti Tournament Body Contest 2024 di Parigi Moutong

3 Maret 2024 - 17:05 WITA

Penonton Piala Dunia U17 di Indonesia Lampaui Target FIFA

3 Desember 2023 - 10:33 WITA

Tenaga Ahli Kemenpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan Hamdan Hamedan saat mengunjungi Information Center Piala Dunia U-17 Surakarta, Sabtu (2/12/2023). Foto: Dok. Kemenpora RI

Wali Kota Palu Lepas Jalan Santai HUT ke-52 Korpri

26 November 2023 - 21:25 WITA

Wali Kota Palu Lepas Jalan Santai HUT ke-52 Korpri. Foto: Istimewa

Pj Bupati Parigi Moutong Resmikan Lomba Layang-layang Palelo

4 November 2023 - 17:46 WITA

Ilustrasi Layang-layang. Foto: Pexels

Resmi Ditutup, Ini Daftar Juara Balap Sepeda di Parimo

29 Oktober 2023 - 22:47 WITA

Kejuaraan Balap Sepeda Makakata Open Turnamen Ditutup dengan Sukses. Foto: Diskominfo Parimo

Tutup FOT 2 Palu, Hadianto: Masa Kecil yang Dirindukan

22 September 2023 - 15:21 WITA

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid saat menyaksikan lomba tarik tambang di Festival Olahraga Tradisional (FOT) 2 Palu, Jumat, 22 September 2023. Foto: Istimewa
Trending di News