Menu

Mode Gelap

News · 18 Mei 2023 08:46 WITA ·

DPRD Sulteng Dukung UIN Datokarama Palu Jadi Kampus Maju dan Berkembang

badge-check

Redaksi


 Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulteng Alimuddin Paada menghadiri peringatan Dies Natalis ke 56 Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Foto: Humas DPRD Sulteng Perbesar

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulteng Alimuddin Paada menghadiri peringatan Dies Natalis ke 56 Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Foto: Humas DPRD Sulteng

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulteng Alimuddin Paada menghadiri peringatan Dies Natalis ke 56 Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, bertempat diruang Auditorium UIN Datokarama Palu, Rabu 17 Mei 2023.

Peringatan Dies Natalis tersebut merupakan perayaan pertama kalinya semenjak berdirinya perguruan tinggi tersebut di Sulteng yang kini telah berusia 56 tahun.

Semula kampus beralmamater kuning itu berstatus sebagai filial dari IAIN Alauddin Makasar, kemudian beralih status menjadi STAIN Datokarama Palu, dan berganti lagi menjadi IAIN Datokarama Palu, hingga kini menjadi UIN Datokarama Palu.

Peringatan Dies Natalis ke 56 tahun UIN Datokarama Palu kali ini mengusung tema ‘Bergerak Maju Membangun Peradaban Indonesia dan Dunia’.

Rektor UIN Datokarama Palu Prof Sagaf S Pettalongi menjelaskan, Datokarama sendiri merupakan pemberian gelar yang diberikan oleh tokoh-tokoh masyarakat lembah Palu kepada Abdullah Raqi.

Beliau merupakan seorang tokoh yang berasal dari Pagaruyung kesultanan padang periaman.

“Berkat perjuangan beliau, telah berhasil mengislamkan raja-raja yang ada di lembah Palu. Sehingga berkat jasa dan kealimannya orang-orang suku kaili menyebutnya sebagai ‘To Nabaraka’ artinya orang yang memiliki karamah atau kemuliaan dan beliau merupakan seorang tokoh yang pertama kali menyebarluaskan ajaran agama islam di lembah Palu,” ujar Prof Sagaf S Pettalongi.

Senadah hal tersebut, Alimuddin Paada yang juga merupakan Politisi Partai Gerindra menyampaikan apresiasi atas kemajuan dan perkembangan UIN Datokarama Palu yang begitu cepat.

Apalagi dalam hal ini, UIN Datokarama Palu pernah megalami kerusakan yang begitu parah akibat dampak gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang melanda sulteng pada tahun 2018.

“Ini merupakan suatu kerja keras dan perjuangan yang begitu hebat yang dilakukan oleh Rektor UIN Datokarama Palu bersama seluruh jajaran civitas akademik UIN Datokarama Palu, dan juga dalam hal ini gedung UIN Datokarama Palu begitu kokoh, indah, bersih, dan tertata rapi, ini merupakan suatu tanggung jawab yang sungguh luar biasa,” ujarnya memberikan puji.

Selain itu, Alimuddin Paada juga menyampaikan bahwa, UIN Datokarama Palu bukan hanya berkecimpung pada bidang pindidikan religius saja, akan tetapi kini sudah bertransformasi pada bidang pendidikan umum, dan para lulusannya sudah bertebaran diseluruh wilayah indonesia

Serta pada kesempatan tersebut Alimuddin Paada juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas perayaan Dies Natalis Ke-56 tahun UIN Datokarama Palu semoga kedepannya UIN Datokarama Palu semakin maju, berkembang, dan sukses dalam melahirkan generasi-generasi yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan religius yang hebat.

“Sehingga nantinya mampu memberikan kontribusi serta ikut andil dalam memajukan bangsa dan negara kearah yang lebih baik lagi,” imbuhnya.

Diakhir kegiatan dilakukan pemotongan tumpeng oleh Rektor UIN Datokarama Palu bersama Ketua Senat UIN Datokarama Palu yang diberikan kepada Pemprov Sulteng, DPRD Provinsi Sulteng, dan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam perkembangan UIN Datokarama Palu yang merupakan selaku dewan penyantun serta dilakukan sesi foto bersama.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Asisten I Pemprov Sulteng Fahrudin Yambas selaku mewakili gubernur sulteng, Wakil Rektor I UIN Datokarama Palu Prof Abidin, Wakil Rektor II UIN Datokarama Palu Kamarudin, Wakil Rektor III UIN Datokarama Palu Mohamad Idham, Ketua Senat UIN Datokarama Palu Hamlan, Sekertaris Senat UIN Datokarama Palu Fatimah Saguni, Para Civitas Akademik UIN Datokarama Palu, Unsur Forkopimda Sulteng, Para Alumni beserta Mahasiswa UIN Datokarama Palu, serta para tamu undangan lainnya.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Pemkot Palu Larang Peserta Didik Bawa Kendaraan ke Sekolah

18 Juli 2024 - 15:13 WITA

Siswa Mengendarai Sepeda Motor ke Sekolah

Akui Bersalah, Dirlantas Polda Sulteng Minta Maaf ke Jurnalis SCTV Palu

18 Juli 2024 - 13:33 WITA

Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Dodi Darjanto menyampaikan permohonan maaf kepada Syamsuddin Tobone, Jurnalis SCTV Palu

Dirlantas Polda Sulteng Dikecam Diduga Lecehkan Wartawan SCTV Palu

18 Juli 2024 - 12:44 WITA

Jagokan Erwin Burase di Pilkada 2024, Ini Harapan Petani Parigi Moutong

17 Juli 2024 - 14:39 WITA

Jagokan Erwin Burase di Pilkada 2024, Ini Harapan Petani Parigi Moutong

Pertama di Sulteng, 24 Bus TransPalu Akan Beroperasi Oktober 2024

17 Juli 2024 - 11:12 WITA

Wali Kota Palu meninjau langsung progres pengerjaan Bus TransPalu di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa, 16 Juli 2024.

Erwin Burase Resmi Buka Turnamen Badminton Armanda 2024 di Parigi Moutong

15 Juli 2024 - 16:12 WITA

Erwin Burase Resmi Buka Turnamen Badminton Armanda 2024 di Parigi Moutong, Minggu malam, 14 Juli 2024
Trending di News