Menu

Mode Gelap

Food & Travel · 25 Mar 2024 01:18 WITA ·

Bupati Banggai Minta Presiden Jokowi Resmikan Kawasan Wisata Kilo 5 Luwuk

badge-check

Redaksi


 Presiden Joko Widodo saat menyaksikan gerhana matahari di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/3). Foto: Government Official Facebook/Presiden Joko Widodo  Perbesar

Presiden Joko Widodo saat menyaksikan gerhana matahari di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/3). Foto: Government Official Facebook/Presiden Joko Widodo

Pada rapat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sulawesi Tengah pada Minggu, 24 Maret 2024, di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Bupati Banggai, Amiruddin Tamoreka, meminta agar Presiden RI meresmikan pembangunan kawasan wisata Kilo 5 di Luwuk.

Amiruddin Tamoreka menyampaikan permohonan agar Presiden Jokowi bersedia meresmikan kawasan wisata Kilo 5 Luwuk melalui penandatanganan prasasti, meskipun pembangunannya hanya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan biaya yang terbatas.

“Dengan hormat, kami mohon agar Bapak Presiden dapat meresmikan kawasan wisata Kilo 5 Luwuk melalui penandatanganan prasasti, meskipun pembangunannya hanya melalui APBD dan dengan jumlah biaya yang kecil. Namun, hal ini akan membawa kegembiraan bagi pemerintah dan masyarakat Banggai,” ujar Bupati Amiruddin.

Syaiful dari Biro Protokol Kepresidenan yang hadir dalam rapat menanggapi permohonan tersebut dengan menyatakan akan mencatat dan menyesuaikan dengan waktu yang tersedia untuk peresmian tersebut.

Hadir dalam rapat, Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto, Karo Ops Polda Sulteng Kombes Pol Ferdinand, Biro Protokol Presiden, Muh. Syaiful, Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta, Bupati Banggai, Amiruddin Tamoraka, Pj Bupati Banggai Kepulauan, Ikhsan Basir Nurdin dan Bupati Toli-Toli, Amran H. Yahya, Wali Kota Palu diwakili Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Bupati Donggala diwakili Asisten II Kabupaten Donggala, Sofyan Dg. Malaba, Kepala Perum Bulog, Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Kepala KSOP Teluk Palu, dan para Pimpinan Instansi Vertikal serta Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Sulteng.

Dalam kunjungan ke Sulawesi Tengah, Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Kota Palu, pada 26 Maret 2026 menggunakan pesawat Kepresidenan. Selanjutnya, bersama rombongan, Presiden Jokowi akan menuju Kabupaten Banggai menggunakan pesawat ATR 700. Setelah transit di Banggai, Presiden RI bersama rombongan terbatas akan menuju Kabupaten Banggai Kepulauan menggunakan Heli Super Puma.

Di Kabupaten Banggai Kepulauan, Presiden Jokowi akan meresmikan proyek ruas jalan Inpres dan meninjau pembangunan Pasar Salakan. Selanjutnya, Jokowi akan kembali ke Kabupaten Banggai dan menuju Kota Palu.

Di Kota Palu, Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan 5 bandara sekaligus, termasuk Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu dan Bandara Prins Mandapar Banggai Laut. Setelah itu, Jokowi akan menuju RSUD Anutapura Palu meresmikan proyek revitalisasi, termasuk RSUD Anutapura Palu, UIN Datokarama Palu, serta Hunian Tetap di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Pada hari kedua kunjungan di Sulawesi Tengah, pada 27 Maret 2024, Presiden Jokowi akan menuju Pelabuhan Wani di Donggala untuk meresmikan tiga proyek pembangunan pelabuhan. Selanjutnya, Joko Widodo akan mengunjungi Kabupaten Sigi untuk meresmikan proyek pembangunan irigasi Gumbasa dan rekonstruksi Daerah Irigasi Gumbasa.

Kunjungan kerja diakhiri dengan kunjungan ke Kabupaten Toli-Toli, di mana Presiden Jokowi akan meninjau RSUD Mokopido dan Gudang Bulog serta menyerahkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

Setelah itu, Presiden Joko Widodo akan kembali ke Kota Palu untuk selanjutnya bertolak ke Jakarta. *(Tim)

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Sekot Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

20 April 2024 - 18:50 WITA

Sekot Palu Irmayanti Tinjau Pasar Masomba Pasca-Kebakaran

Pemkot Palu Raih Peringkat 1 dalam PPD Sulawesi Tengah 2024

18 April 2024 - 23:10 WITA

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny Lamadjido menunjukkan trofi dan sertifikat penghargaan PPD Provinsi Sulawesi Tengah

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

18 April 2024 - 22:50 WITA

Sekda Zulfinasran Pimpin Rapat Persiapan Launching Aplikasi Srikandi

Damkar Palu Bantu Korban Banjir Bandang Sigi

18 April 2024 - 12:47 WITA

Lebaran Ketupat di Bantaya: Tradisi, Kolaborasi, dan Penggerak Ekonomi Lokal

17 April 2024 - 23:15 WITA

Perjalanan Inspiratif Gunawan dari Poso Menuju Australia

16 April 2024 - 15:03 WITA

Trending di News