Menu

Mode Gelap

Bisnis · 31 Mar 2023 11:34 WITA ·

Bantu Kemnaker RI Siapkan Tenaga Kerja Kompeten, PT IMIP Hibahkan 10 Alat Berat   

badge-check

Redaksi


 PT IMIP hibahkan 10 alat berat kepada Kemnaker RI. Foto: Humas IMIP Perbesar

PT IMIP hibahkan 10 alat berat kepada Kemnaker RI. Foto: Humas IMIP

Dalam rangka membantu Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI di balai pelatihan vokasi di Morowali, PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menghibahkan 10 unit alat berat, Jumat 31 Maret 2023.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Direktur Operasional PT IMIP Irsan Widjaja, kepada Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah, didampingi oleh Bupati Morowali Taslim bertempat di kantor PT IMIP.

Pada kesempatan itu, Ida Fauziah mengungkapkan, bahwa pertumbuhan suatu industri sejalan dengan ketersediaan lapangan kerja baru.

Namun, hal itu belum dapat dipastikan ketika lapangan kerja itu akan disuplai oleh tenaga kerja yang kompetensinya memenuhi pasar kerja.

Sehingga Ida Fauziah mengingatkan, bahwa hal itu menjadi tugas bersama menyiapkan tenaga kerja yang kompeten, yang sesuai dengan kebutuhan industri smelter saat ini.

“Pemerintah tidak bisa sendiri. Kementerian memiliki balai-balai latihan vokasi, kemudian daerah juga memiliki BLK (Balai Latihan Kerja). Keberadaan BLK ini, kami bertransformasi menyesuaikan dengan pasar kerja,” ungkap Ida Fauziah.

Menurut Ida Fauziah, industri baru saat ini membutuhkan skill dan kompetensi yang segar.

Ida Fauziah menuturkan, tidak semua jenis pekerjaan dan tenaga kerja Indonesia siap. Sementara kebutuhan lapangan kerja sangat terbuka bagi siapa saja.

“Ini juga, pentingnya memperhatikan transfer of knowledge (transfer pengetahuan). Kemampuan tenaga kerja kita bisa didapatkan melalui transfer of knowledge. Tujuannya, menggantikan mereka para TKA,” urainya.

Di tempat yang sama, Direktur Operasional PT IMIP Irsan Widjaja mengatakan, dukungan alat berat kepada balai pelatihan vokasi milik Kemnaker RI, merupakan bagian dari kebijakan manajemen PT IMIP untuk meningkatkan kapasitas masyarakat (angkatan kerja) khususnya mereka yang ada di Morowali. Bagi Irsan Widjaja, ketersediaan tenaga-tenaga kerja  terampil dibidangnya akan memberikan dampak pada perbaikan ekonomi bagi kehidupan pekerja.

“Ini menjadi wujud nyata perusahaan guna meningkatkan kapasitas tenaga kerja kita yang hampir seluruhnya adalah putra daerah. Sehingga mereka memiliki daya saing yang lebih baik dikemudian hari. Melalui dukungan ini pula, berharap melalui sinergitas agenda peningkatan kapasitas tenaga kerja, dapat menjadi urusan kita bersama-sama. Demi tersedianya tenaga kerja terampil yang pada akhirnya memberikan dampak perbaikan kepada kehidupan pekerja,” urai Irsan Widjaja.

10 unit alat berat yang dihibahkan PT IMIP kepada Kemnaker RI yakni, 1 unit mobile crane, 1 excavator, 3 dump truck, 2 wheel loader, 1 trailer dan 2 forklift.

Pada kesempatan ini juga Ida Fauziah   berkeliling di kawasan Industri IMIP, termasuk melihat langsung museum nikel yang ada di PT QMB New Energy Materials.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Satgas Tangkap 9 Juru Parkir Liar di Palu

14 Juni 2024 - 09:42 WITA

Kota Palu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk ke-10 Kalinya

27 Mei 2024 - 21:44 WITA

Ini Pesan Khusus Wali Kota Palu kepada Jemaah Haji

26 Mei 2024 - 23:04 WITA

Jurnalis Palu Tolak Revisi UU Penyiaran

24 Mei 2024 - 21:58 WITA

KPU Palu Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Siapkan Biaya Rp 55,25 Miliar

23 Mei 2024 - 11:06 WITA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kota Palu.

Kadis Kominfo Palu: ORARI, Garda Terdepan Komunikasi Darurat

19 Mei 2024 - 22:46 WITA

Musyawarah Lokal ke-XII Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Palu. Acara ini berlangsung di Gedung Pertemuan Taipa Beach, Kota Palu, Minggu 19 Mei 2024.
Trending di News